Online : 0751 - 8051034 | baglayananpengadaan@padang.go.id | bpbjpdg@gmail.com

Bagian Layanan Pengadaan Melaksanakan Bimtek Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Tahun 2018

  • 23 Februari 2018
  • Admin
  • 392 Kali Dilihat
  • Bagian Layanan Pengadaan Melaksanakan Bimtek Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Tahun 2018

    Walikota Padang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Kesra Afrizal Khaidir memasangkan tanda peserta Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa di Hotel Pangeran Beach, Selasa (20/2/2018).

    Berbagai persoalan dalam pengadaan barang dan jasa masih menjadi hambatan yang mempengaruhi serapan anggaran Pemerintah Kota Padang. Diantara persoalan itu termasuk keterlambatan penyampaian dokumen pengadaan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP). Hal itu disampaikan Walikota Padang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Kesra Afrizal Khaidir saat membuka Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa di lingkungan Pemerintah Kota Padang Tahun 2018 di Hotel Pangeran Beach, Selasa (20/2/2018).

    "Kurangnya serapan anggaran karena dampak terlambatnya pelaksanaan kontrak pengadaan barang dan jasa masih menjadi persoalan krusial. Hal itu berdampak pula terhadap serapan anggaran," kata Afrizal Khaidir.

    Menurutnya, faktor itu disebabkan kurangnya pemahaman dari berapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap tata cara penyusunan dokumen terkait pengadaan barang dan jasa. Itu berakibat terlambatnya proses entry Rencana Umum Pengadaan (RUP).

    "Faktor - faktor ini seyogyanya dapat diatasi dengan peningkatan pemahaman dan pengetahuan dari SDM pada OPD," ujar mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan ini.

    Adapun bimbingan teknis pengadaan barang dan jasa yang diselenggarakan Bagian Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kota Padang ini merupakan upaya menambah pengetahuan pengelolaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota Padang. Bimtek ini juga guna meningkatkan pemahaman tugas fungsi dan kewenangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatatan (PPTK).

    "Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pedoman mengenai tata cara pengadaan barang dan jasa yang sederhana, jelas, dan komprehensif," tukas Aparatur Sipil Negara yang akan mengakhiri tugasnya April nanti.

    Sementara itu, Kepala Bagian Layanan Pengadaan Yoga Natasha Amin menyebutkan, bimtek ini diadakan guna peningkatan pelayanan publik dan pengembangan kompetensi dan kemampuan PPK dan PPTK. Adapun pelaksanaan bimtek ini berlangsung selama tiga hari dengan menghadirkan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintahan (LKPP) RI, Kejaksaan Negeri Padang, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumatera Barat.

    "Peserta bimtek terdiri dari 56 orang yang terdiri atas PPK dan PPTK," tukasnya. (Rel)

    Berita & Foto : padang.go.id