Online : 0751 - 8051034 | baglayananpengadaan@padang.go.id

Tugas Dan Fungsi Bagian Layanan Pengadaan Kota Padang

  • 12 Desember 2017
  • Admin
  • 565 Kali Dilihat
  • Berdasarkan Peraturan Walikota Padang Nomor 63 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Sekretariat Daerah, Tugas pokok dan fungsi Bagian Layanan Pengadaan serta Sub Bagian pada Bagian Layanan Pengadaan adalah  :

     

    1. Kepala Bagian Layanan Pengadaan

    Kepala Bagian Layanan Pengadaan mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan demi terwujudnya kebijakan pelelangan dan administrasi pengadaan yang baik.

    Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Bagian Layanan Pengadaan mempunyai fungsi :

    • Memimpin dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan pengadaan barang/jasa.
    • Menyusun dan melaksanakan strategi pengadaan barang/jasa.
    • Menyusun program kerja dan anggaran pengadaan barang/jasa.
    • Mengawasi seluruh kegiatan pengadaan barang/jasa dan melaporkan apabila ada penyimpangan dan atau indikasi penyimpangan.
    • Membuat laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan pengadaan barang/jasa kepada Walikota.
    • Melaksanakan pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia pengadaan barang/jasa.
    • Menugaskan, menempatkan, dan memindahkan anggota Pokja pengadaan sesuai dengan beban kerja masing-masing Pokja pengadaan.
    • Mengusulkan pemberhentian anggota Pokja pengadaan kepada PA/KPA/Walikota apabila terbukti melakukan pelanggaran peraturan perundang-undangan dan atau KKN.
    • Mengusulkan staf pendukung sesuai dengan kebutuhan.
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

     

    2. Sub Bagian Administrasi Pengadaan

    Sub Bagian Administrasi Pengadaan mempunyai tugas membantu Kepala Bagian dalam melaksanakan penyelenggaraan administrasi pengadaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan demi terwujudnya kebijakan tugas Sub Bagian Administrasi Pengadaan yang baik.

    Penjabaran tugas Sub Bagian Administrasi Pengadaan adalah :

    • Melaksanakan penatausahaan program atau kegiatan, administrasi, keuangan, peralatan, perlengkapan aset, kepegawaian, dokumentasi dan arsip yang berkaitan dengan bidang tugas Bagian Layanan Pengadaan.
    • Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijaksanaan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan administrasi layanan pengadaan.
    • Mengumpulkan dan mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan administrasi pengadaan.
    • Menyiapkan bahan menyusun kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk teknis bidang adminstrasi pengadaan.
    • Menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan administrasi pengadaan, sanggah dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah.
    • Melakukan koordinasi menyusun program pembangunan dengan unit kerja dan instansi terkait dan menyiapkan bahan rekomendasi tentang pengadaan.
    • Membuat evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas Sub Bagian Adminstrasi Pengadaan.
    • Melaksanakan pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia Bagian Layanan Pengadaan.
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

     

    3.  Sub Bagian Layanan Pengadaan

    Sub Bagian Layanan Pengadaan mempunyai tugas membantu Kepala Bagian dalam melaksanakan penyelenggaraan Sub Bagian Layanan Pengadaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan demi terwujudnya kebijakan tugas Sub Bagian Layanan Pengadaan yang baik.

    Penjabaran tugas Sub Bagian Layanan Pengadaan adalah :

    • Merencanakan kegiatan Sub Bagian Layanan Pengadaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan agar terwujudnya pelayanan pengadaan kepada semua unsur pemerintah.
    • Mengkoordinasikan kegiatan pelelangan (procurement).
    • Menyusun program kerja dan anggaran pelelangan yang merupakan bagian dari program kerja.
    • Membagi tugas kegiatan layanan pengadaan kepada bawahan sesuai dengan kompetensi untuk pelaksanaan tugas dengan hasil yang optimal.
    • Membimbing bawahan dalam setiap hal terutama terkait pelaksanaan kegiatan layanan pengadaan barang dan jasa sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas dapat terwujud secara tepat guna dan tepat sasaran.
    • Menyelenggarakan kegiatan Sub Bagian Layanan Pengadaan yang meliputi mengumpulkan, menghimpun, dan mengolah data dan informasi serta berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka penyelesaian layanan pengadaan barang dan jasa berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan demi tercapainya target kinerja penyelenggaraan kegiatan layanan pengadaan secara optimal.
    • Memeriksa hasil kerja bawahan dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan Sub Bagian Layanan Pengadaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan agar terwujudnya kesesuaian pelaksanaan tugas dengan standar akuntabilitas secara optimal.
    • Mengawasi dan mengevaluasi seluruh kegiatan pengadaan barang/ jasa dan melaporkan kepada PPK, KPA, PA, Inspektorat dan atau Walikota apabila ada penyimpangan dan atau indikasi penyimpangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan guna mengetahui keberhasilan pelaksanaan tugas secara komprehensif.
    • Melaporkan hasil kegiatan penyelenggaraan Sub Bagian Layanan Pengadaan secara periodik berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bahan akuntabilitas kinerja.
    • Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian anggota kelompok kerja yang ditugaskan di Unit Layanan Pengadaan kepada Walikota melalui Kepala Bagian.
      Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan seuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

     

    4. Sub Bagian Evaluasi dan Pengandalian Pengadaan

    Sub Bagian Evaluasi dan Pengendalian Pengadaan mempunyai tugas membantu Kepala Bagian dalam melaksanakan penyelenggaraan Sub Bagian Evaluasi dan Pengendalian Pengadaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan demi terwujudnya kebijakan tugas Sub Bagian Evaluasi dan Pengendalian Pengadaan yang baik.

    Penjabaran tugas Sub Bagian Evaluasi dan Pengendalian Pengadaan adalah :

    • Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan evaluasi dan pengendalian pengadaan barang/jasa.
    • Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data dan informasi yang berhubungan hasil evaluasi pengadaan dan melaporkannya kepada Walikota Padang melalui Kepala Bagian Layanan Pengadaan.
    • Menyiapkan bahan menyusun kebijakan, pedoman, dan petunjuk teknis di bidang evaluasi dan pengendalian pengadaan.
    • Menginventarisasi permasalahan-permasalahan, pedoman dan petunjuk teknis di bidang pengendalian pengadaan barang/jasa dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah.
    • Melakukan koordinasi dengan unit kerja dan instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.
    • Mengumpulkan data dan mengevaluasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.
    • Menyiapkan bahan dalam rangka menyusun laporan hasil pelaksanaan pengadaan barang/jasa.
    • Mengumpulkan, menghimpun, meneliti, dan menganalisa laporan pelaksanaan pengadaan barang/ jasa.
    • Menyiapkan bahan dalam rangka menyelenggarakan ekspose visualisasi hasil pengadaan barang dan jasa.
    • Membuat evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas Sub Bagian Evaluasi dan Pengendalian Pengadaan.
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.