Online : 0751 - 8051034 | baglayananpengadaan@padang.go.id

Standar Operasional Prosedur

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENGADAAN BARANG/JASA

BAGIAN LAYANAN PENGADAAN SEKRETARIAT DAERAH KOTA PADANG

Salah satu aspek penting dari penataan tatalaksana dalam mewujudkan pengadaan barang/jasa yang efektif, efisien, kompetitif, dan terbuka adalah dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada seluruh proses penyelenggaraan pengadaan/barang jasa.

Hal ini dinilai penting, karena SOP Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa adalah pedoman atau acuan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsinya.

Dengan adanya SOP, penyelenggaraan pengadaan/barang jasa dapat berjalan dengan pasti. Berbagai bentuk penyimpangan dapat dihindari, atau sekalipun terjadi penyimpangan, hal tersebut dapat ditemukan penyebabnya dan bisa diselesaikan dengan cara yang tepat. Apabila semua tahapan dalam proses pelaksanaan pengadaan/barang jasa sudah sesuai dengan yang ditetapkan dalam SOP, maka secara bertahap kualitas pengadaan/barang jasa akan lebih profesional, cepat, dan mudah.

SOP yang terdapat pada Bagian Layanan Pengadaan adalah :

No. Jenis SOP
1 SOP Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pengadaan (RPP)
2 SOP Pengumuman Lelang dan Penerimaan Dokumen Penawaran
3 SOP Pemilihan Penyedia Barang dan Jasa  (Metode Pasca Kualifikasi 1 Sampul)
4 SOP Penyampaian Hasil Pelaksanaan Pengadaan Barang Jasa
5 SOP Penyimpanan Dokumen Asli Pemilihan Penyedia Barang Jasa dan Penyampaian Salinan Dokumen Pemilihan Penyedia Barang Jasa Kepada PPK
6 SOP Penyusunan Laporan Pelaksanaan Pemilihan Penyedia Barang Jasa
7 SOP Monitoring Pelaksanaan Pengadaan Barang Jasa
8 SOP Pengelolaan Resiko Pengadaan Barang Jasa